cover
Contact Name
I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika
Contact Email
jayantika@mahadewa.ac.id
Phone
+6285739639728
Journal Mail Official
jayantika@mahadewa.ac.id
Editorial Address
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/about/editorialTeam
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23022124     EISSN : 26228688     DOI : -
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of mathematics, science and environmental education issues. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika contains research papers in the fields of mathematics and science education. The scope of this journal study is as follows: Mathematics education Biology education Living environment Assement in Science and Mathematics Education Evaluation in Science and Mathematics Education
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022" : 12 Documents clear
Inovasi, Dedukasi, Edukasi (IDE) Matematika Landasan Dalam Membangun Bisnis Ni Pt Sri Eka Darmayanthi; Ni Kadek Gita Sitiari Putri; I Wayan Sumandya
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367379

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukan bahwa konsep pembelajaran matematika memiliki relevansi yang baik sehingga menjadi landasan dalam berwirausaha. Konsep pembelajaran matematika yang berkaitan dengan bisnis harus memiliki inovasi, dedukasi, dan edukasi agar mendorong minat berwirausaha pada masyarakat khususnya mahasiswa untuk mengurangi pengangguran di Indonesia. Upaya dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan memberikan bekal kepada siswa mengenai pendidikan kewirausahaan agar kelak dapat dijadikan alternatif atau cita-cita utama di masa depan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kajian pustaka dimana referensi diambil berdasarkan jurnal online sebagai acuan dalam menganalisis serta menerangkan permasalahan yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini, yakni bahwa peran matematika sangat penting dalam berbagai bidang, salah satu nya adalah kewirausahaan. Ide bisnis bisa dipilih dari upaya pemenuhan kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran kewirausahaan dikalangan mahasiswa untuk bisa menghasilkan media matematika yang bermanfaat dan memiliki nilai jual tersebut diharapkan memberikan kontribusi yang besar bagi pemahaman siswa dalam pembelajaran. Dan ide kreatif untuk menghasilkan produk inovatif tersebut merupakan karakter wirausaha yang diharapkan
Pembelajaran Menyenangkan dengan Edpuzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa I Gusti Agung Gede Wiadnyana; Ni Ketut Erawati; Febriani Kezia; Kadek Apriliani
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.6635412

Abstract

Pandemi Covid- 19 merupakan wabah penyakit yang menyerang di seluruh dunia. Semua aspek kehidupan menjadi terganggu. Salah satunya adalah pendidikan, anak – anak belajar bukan lagi di sekolah, melainkan dari rumah mereka masing masing Hal itu tentu saja sulit untuk dilakukan. Keadaan ini membuat baik peserta didik dan orang tua pun menjadi frustasi. Agar peserta didik senang belajar ada beberapa cara inovatif yang dapat dilakukan. Salah satunya bisa dilakukan dengan menggunakan Edpuzzle. Penelitian ini adalah penelitian kajian literatur dengan tujuan untuk mengetahui penerapan edpuzzel dalam meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa edpuzzel dapat meningkat motivasi dan hasil belajar peserta didik sebesar 29,02 % dengan respon positif dari peserta didik terhadap edpuzzel ini. Penggunaan edpuzzel ini membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan dengan mudah mempelajari dan memahami materi yang dipelajari.
Analisis Kandungan Fe, Nitrat, Nitrit, Sulfat, Fosfat Dan Sianida Pada Air Cucian Laundry Dengan Menggunakan Instrumen UV-VIS Rahman A. Lamusu; Sri Wahyuni Wartabone; Suchi Wulandari Dai; Regina Olii; Marnila
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367381

Abstract

Tujuan penelitian yang dilakukan ini adalah untuk menguji kadar dari besi (Fe), sulfat, nitrat, nitrit, fosfat dan sianida pada sampel air limbah cucian mobil. Pada analisis ini juga menggunakan metode secara spektrofotometer UV-VIS. Spektrofotometer adalah alat untuk mengukur transmitan atau absorban suatu sampel sebagai fungsi panjang gelombang. Syarat analisis menggunakan visible adalah cuplikan yang dianalisisi bersifat stabil membentuk kompleks dan larutan berwarna. Pada percobaan ini menggunakan sampel yang diperoleh dari salah satu tempat laundry yang berlokasi di desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bonebolango Lat 0.55913° Long 123.133954°. Dengan hasil rata-rata yang diperoleh pada analisis kadar logam pada air ini yaitu untuk uji besi (Fe) 0.042 mg/L, uji sulfat 0.019 mg/L, uji nitrat 0.123 mg/L, uji nitrit 0.068 mg/L, uji fosfat 0.117 mg/L dan pada uji sianida yaitu 0.066 mg/L
Ilmu Bisnis Bersama Matematika Agusthinus Kaka; Ni Wayan Sunita
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367341

Abstract

Pembelajaran matematika digunakan sebagai modal dasar untuk memperoleh pekerjaan dalam berbagai bidang, pasalnya pembelajaran matematika mampu diterapkan pada segala sektor yang dibutuhkan zaman sekarang. Metode analisa yang digunakan adalah metode kualitatif yang bercorak deskriptif analisis. Metode kualitatif yang bercorak deskriptif analisis adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu subjek, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran dengan tujuan untuk membuat deksripsi akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubuangan antara fenomena yang terjadi. Hasil penelitian yaitu seorang lulusan sarjana matematika tidak harus menjadi guru, akan tetapi bisa berwirausaha dengan konsep matematika yang serupa dengan konsep bisnis. Maka sebab itu, pembelajaran matematika adalah kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk membangun konsep-konsep matematis sejalan dengan aktivitas sehari-hari sehingga mampu diimplementasikan dan bermanfaat bagi kehidupan nyata
Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika; Ni Made Putri Andini
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran berbasis digital aplikasi Edpuzzle bagi tenaga pendidik. Edpuzzle merupakan salah satu media pembelajaran berbasis video yang dapat diakses dengan cepat dan mudah. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penulisan artikel ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pada prinsipnya penelitian pengembangan dilakukan untuk membuat sebuah produk menjadi lebih efektif dan efisien berdasarkan manfaat yang ditimbulkan oleh produk yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran Edpuzzle memberikan manfaat bagi tenaga pendidik dalam kegiatan pembelajaran khususnya matematika melalui video pembelajaran interaktif
Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Diah Ayu Permata Sari Trisna Dewi; Ni Wayan Sunita; I Made Surat
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367407

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran daring tidak terlepas dari diperlukannya ketersediaan sebuah platform untuk mempermudah pemahaman proses belajar mengajar. Salah satu platform yang banyak digunakan adalah aplikasi Google Classsroom yang menyerupai ruang kelas fisik dengan berbagai alat pendukungnya. Aplikasi ini memudahkan pembuatan, pendistribusian, penilaian tugas secara paperless, hingga kemudahan untuk mengakses kembali materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X UPW SMK Negeri 5 Denpasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling. Sebanyak 76 siswa kelas X UPW sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Materi pembelajaran yang digunakan adalah persamaan kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai thitung sebesar 11,08 dan ttabel sebesar 1,99 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Negeri 5 Denpasar; dan (2) nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen meningkat sebesar 47,4% sedangkan pada kelompok kontrol, hanya meningkat sebesar 16,3%.
Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Surya Wisata Kediri Ni Nyoman Serma Adi; Dewa Nyoman Oka; I Gusti Agung Handayani; Ni Made Serma Wati
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa SMA Surya Wisata Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Surya Wisata Kediri yang berjumlah 31 orang, yang terdiri dari siswa perempuan 19 orang dan siswa laki-laki 12 orang. Sedangkan Objek dari Penelitian ini yaitu Aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan II siklus , dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap perancanaan, tahap pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode analisis data deskriptif kualitatif. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I 13,70% yang berada pada kategori aktif  menjadi 19,04% pada siklus II yang berada pada kategori Sangat Aktif. Sedangkan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 65,15 yang berada pada kategori Cukup Baik dan pada siklus II 80,00 yang berada pada kategori Baik. Dari Data tersebut dapat kita simpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa SMA Surya Wisata Kediri
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran dengan Quizizz di SMA Negeri 1 Abiansemal I Gusti Agung Handayani; Ni Wayan Dian Permana Dewi; I Made Yasna
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar matematika siswa melalui media pembelajaran menggunakan quiziz. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SMA Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2021/20222. Subjek pada penilitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 sebanyak 35 orang. Objek dari penelitian ini adalah Hasil Belajar Siswa, dengan instrumen penelitian berupa tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa pada media pembelajaran menggunakan Quizizz. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai hasil belajar matematika pada siklus I yang terdiri dari nilai rata-rata siswa sebesar 6,50, ketuntusan belajar sebesar 66,05%, dan daya serap sebesar 62,50%. Dan peningkatan nilai hasil belajar matematika siswa diperoleh pada siklus II yaitu nilai rata-rata siswa sebesar 8,08 ketuntusan belajar sebesar 85,20%, dan daya serap sebesar 75,35%
Faktor yang mempengaruhi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Kawasan Pesisir Pantai pada Kawasan Ekowisata Kuranji Dalang Pande Komang Suparyana; I Putu Eka Indrawan; Muhammad Nursan
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7367520

Abstract

Kerusakaan pesisir pantai bisa terjadi karena adanya faktor alami dan factor buatan yang disebabkan oleh perilaku manusia. Perlu adanya pencegahan untuk menghindari dampak yang diakibatkan oleh kerusakan pesisir pantai. Kerusakan pesisir pantai oleh factor alam yang umumnya terjadi yaitu: banjir rob, akresi, abrasi dan tsunami. Tujuan penelitian ini untuk menentukan faktor internal eksternal pengendalian pencemaran lingkungan kawasan pesisir pantai pada Kawasan Ekowisata Kuranji Dalang. Sehingga dapat diberikan informasi mengenai faktor-faktor pengendalian pencemaran lingkungan kawasan pesisir pantai pada Kawasan Ekowisata Kuranji Dalang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 20 responden dengan metode purposive sampling atas pertimbangan responden tersebut dapat memberikan dampak bagi kelestarian lingkungan di pesisir pantai Kuranji Dalang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan mengkaji variabel kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang berperan dalam pengendalian pencemaran lingkungan kawasan pesisir pantai pada kawasan ekowisata Kuranji Dalang terdiri dari faktor eksternal adalah Bergesernya gaya hidup wisatawan menjadi go green; Belum termanfaatkannya potensi pesisir; Kebijakan pemerintah dalam pelestarian lingkungan; Adanya kegiatan beach cleanup oleh masyarakat umum; Kegiatan CSR dalam pelestarian lingkungan; Kurangnya pelatihan dalam pengelolaan sampah; Alih fungsi lahan; Potensi pencemaran dari pemukiman; Penegakan aturan belum efektif; Minimnya pengetahuan wisatawan dalam pelestraian lingkungan. Dan faktor Internal adalah Kesadaran dalam konservasi lingkungan; Tersedia TPA; Akses transportasi; Terdapat kelompok konservasi penyu; Potensi ekowisata pesisir; Kurangnya sarana dan prasarana kebersihan; Pemahaman pengelolaan sampah yang kurang; Kurangnya kesadaran membuang sampah pada tempatnya; Terjadi abrasi pantai; Pemukiman terlalu dekat dengan pantai
Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Komik Digital Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022 Melania Titiana Dimat; Ni Nyoman Parmithi; N. Putri Sumaryani
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 11 No. 2 (2022): September 2022
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.7477496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Komik Digital Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Perserta Didik Kelas X SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Non- Equvalent Control Group Desing. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 6 Denpasar yang terdiri dari 4 kelas, yang berjumlah 128 orang. Sampel dalam penelitian ini dengan teknik random sampling, terpilih dua kelas yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor kreativitas yang mengunakan metode angket dan hasil belajar biologi dengan mengunakan metode tes. Analisis data mengunakan MANOVA dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh: 1) ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. 2) ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap hasil belajar perserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar. 3) ada pengaruh secara simultan strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas dan hasil belajar biologi. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh strategi pembelajaran inkuiri berbantuan komik digital terhadap kreativitas dan hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Denpasar

Page 1 of 2 | Total Record : 12